BAGIAN-BAGIAN UTAMA LAMBUNG KAPAL.
1. KEEL (lunas). Lunas adalah bagian lambung
kapal yang terpenting, karena lunas ini merupakan penguat memanjang
yang terletak ditengah-tengah kapal, dan semua bagian kontruksi yang
lain secara langsung ataupun tidak dihubungkan dengan lunas ini.
Umumnya lunas ini dibuat dari tiga buah plat yang dilas satu dengan
yang lain, sehingga merupakan profil I, bagian dari bawah profil I ini
disebut plat lunas atau keel plate, yang merupakan plat dasar tengah,
sedang pada kapal besar plat ini merupakan penguat sedang plat dasar
tengah dipasang dibawahnya. Bagian yang tegak dari profil I
inidinamakan lunas tegak atau vertikal keel sedang bagian atas
dinamakan plat rider atau rider plate.
2. GADING-GADING (Frame). Gading-gading
merupakan kerangka dari lambung kapal, kulit kapal dilekatkan pada
gading ini dengan keeling atau las. Menurut biro klasifikasi jarak dari
gading ini satu dengan yang lain maximum adalah 0,5 meter.
Gading-gading biasanya dibuat dari profil siku (L) ada juga yang dibuat
dari profil siku dengan bulb (L) atau profil T.
3. DINDING KEDAP AIR (water tight bulk
head). Yang dimaksud dengan kedap air ialah kedap terhadap air dibawah
pengaruh suatu tekanan tertentu.
Gunanya dinding kedap air ialah :
a. Untuk membatasi (melokalisir) kebocoran dalam suatu ruangan jangan sampai mengalir keruangan lain.
b. Untuk membatasi (melokalisir) bahaya kebakaran.
c. Untuk memberikan kekuatan melintang pada kapal.
Setiap kapal minimum harus mempunyai 4 buah dinding kedap air yaitu :
a. Dinding Pelanggaran. Dinding ini
merupakan dinding kedap air pertama dibelakang linggi haluan. Jarak
antara dinding pelanggaran dengan tinggi : haluan diukur pada garis
muat tidak boleh kurang dari 1/20 LOA (panjang seluruh). Kontruksi dari
dinding ini dibuat lebih kuat dan lebih berat dibandingkan dengan
dinding kedap air lainnya, karena dinding pelanggaran ini dimaksudkan
untuk membatasi kerusakan atau kebocoran pada waktu kapal tabrakan.
b. Dinding kedap air didepan kamar mandi.
c. Dinding kedap air dibelakang kamar mandi.
d.
Dinding kedap air buritan (after peak bulk head). Ditambah jumlah
sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada panjang kapal. Pada kapal
pengangkut zat cair (tanker) selain terdapat dinding kedap air
melintang (transvere bulk head) terdapat pula dinding kedap air
memanjang (longitudinal bulk head).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar