POKOK – POKOK KONSTRUKSI KAPAL
Persoalan utama dalam konstruksi kapal ialah
membuat suatu konstruksi yang kokoh dan kuat dengan berat konstruksi
yang seringan-ringannya. Karena dengan kontruksi yang kuat tetapi
ringan, maka kita akan mendapatkan daya muat yang besar sehingga hal
ini akan menguntungkan, yaitu pada kapal niaga akan dapat mengangkut
muatan yang lebih besar, sedangkan pada kapal perang akan memungkinkan
penambahan kecepatan kapal dan jarak jelajah kapal akan menjadi lebih
besar.
Kontruksi kapal harus dibuat kuat dan
kokoh sehingga dapat menahan / mengatasi gaya dialami oleh kapal pada
waktu berlayar. Untuk itu maka kontruksi lambung kapal dibuat (disusun)
merupakan suatu kerangka yang terdiri dari :
1. Kekuatan hubungan melintang ialah
bagian lambung kapal yang membantu kekuatan melintang kapal. Misalnya :
Gading-gading, balok geladak, dinding kedap air.
2.
Kekuatan hubungan memanjang ialah lambung kapal yang membantu kekuatan
memanjang kapal. Misalnya : Lunas, penguat dasar memanjang, menguat
kulit.
3. Kekuatan hubungan
melintang/memanjang ialah bagian lambung kapal yang membantu kekuatan
melintang maupun memanjang kapal. Misalnya : Plat kulit, plat geladak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar